Cara Membuka Hasil Download di WIndows

Menampilkan Hello World dengan Java


Kali ini saya akan memberikan cara untuk membuat program hello world dengan Java. Hello world adalah program sederhana yg sangat dasar dan biasanya merupakan program yg pertama kali dibuat oleh seorang programmer.
Program ini hanya berfungsi untuk menampilkan sebuah tulisan yg bertulis "Hello World". Untuk lebih jelasnya langsung saja kita sikat!

Hal yg pertama kali harus dilakukan adalah menginstal java pada komputer anda. Bagi yang belum menginstall java, anda dapat melihatnya disini.

Setelah Java terpasang, sekarang kita masuk ke bagian penulisan kode. Untuk menulis kode, kita bisa menggunakan text editor manapun seperti notepad, notepad++, Sublime Text dan sebagainya. Kali ini saya akan menggunakan Sublime Text.

  • Pertama, buka dulu Sublime Text, dan pilih bahasanya.
  • Setelah itu, masukkan kode berikut :
class hello{
public static void main(String []args){
System.out.println("Hello World");
}
}

  • Jika sudah, save file tersebut sesuai dengan nama kelasnya. Perhatikan penulisan huruf, karena hello.java berbeda dengan Hello.java
  • Untuk menjalankan program, buka command prompt dan ubah direktori dimana anda menyimpan file tadi. Atau tekan shift+klik kanan pada direktori tempat anda menyimpan file tadi dan pilih open command window here
  • Ketik "javac hello.java" untuk mengcompile program tersebut, jika gagal berarti terjadi kesalahan dalam penulisan kode.
  • Setelah itu ketik "java hello" untuk menjalankan program tersebut dan outputnya adalah sebagai berikut:
  • Selain dalam command prompt, kita juga dapat melakukannya dalam sebuah pop up window(Gui). Codingnya seperti berikut :
import javax.swing.JOptionPane;
class hellogui{
public static void main(String []args){
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Hello World");
}
}
Saya kira hanya itu ilmu yg dapat saya bagikan, memang sangat sedikit tapi semoga dapat membantu bagi yg baru belajar program. Jika ada kesalahan mohon perbaiki, karena yg menulis belum tentu lebih baik dari yg membaca.

Komentar