Cara Membuka Hasil Download di WIndows

3 File Manager di Terminal Linux

     GNU Midnight Commander (MC), Vifm dan Last File Manager (LFM) adalah 3 aplikasi file manager visual untuk terminal (konsol) di Linux. Semua aplikasi ini akan mengingatkan Anda tentang Norton Commander - dengan antarmuka utama terdiri dari dua panel yang menampilkan sistem file -, tetapi masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri. Baca tentang 3 file manajer konsol besar ini untuk Linux dan tuliskan yang menjadi favorit Anda di komentar !



  • MIDNIGHT COMMANDER

     Midnight Commander mempunyai fungsi untuk menghapus, mengcopy, edit file dan lain lain. Midnight Commander sangatlah simple kalau di lihat. Midnight Commander mungkin adalah aplikasi yang paling terkenal dari jenis ini dan mungkin yang paling mudah digunakan karena menjadi yang paling miript dengan Norton Commander dan memiliki operasi yang paling umum ditampilkan di bagian bawah.

     Dalam Midnight Commander (MC), tombol panah untuk kontrol seleksi berkas, perintah dapat dimasukkan kata kunci yang digunakan untuk memilih file dan Fungsi Tombol untuk melakukan operasi seperti merubah nama, mengedit dan menyalin file. MC juga mendukung operasi dengan mouse.

     Fitur Midnight Commander termasuk mengubah beberapa nama file (menggunakan karakter wildcard), kemampuan untuk melihat isi dari RPM dan file paket DEB,  bekerja dengan format arsip umum seolah-olah mereka hanya sebuah direktori, memiliki editor mcedit dan berfungsi sebagai FTP atau FISH klien.

     Mcedit sangat berguna dan dapat dijalankan sendiri atau dari Midnight Commander menggunakan tombol F4. Fitur mcedit termasuk sintaks untuk banyak bahasa, macro, potongan kode, integrasi sederhana dengan alat-alat eksternal, auto scroll, dukungan mouse, clipboard dan banyak lagi.
     Jika anda ingin mencona Midnight Commnader, anda dapat mendownload nya di sini :

     Atau dapat mengetikkan perintah ini di Terminal :

sudo apt-get install mc
  • Vifm
     Vifm merupapakan alternatif bagi pecinta Vim. Vifm adalah ncurses berbasis file manager dengan perintah vi. Vifm bukan untuk pengguna awam dan jika Anda tidak familiar dengan Vim, hal itu akan membuat anda bingung. Namun halaman dokumentasi Vifm menyediakan beberapa cara pintas keyboard untuk mempermudah Anda.
     Anda dapat mengatur Vifm ke 1 atau 2 pane, dengan pandangan 2-panel anda akan melihat satu panel di kanan dan satu di kiri, sebagai dua panel klasik yang berbeda, atau salah satu panel yang digunakan sebagai properti file cepat penampil (Anda dapat mengatur tampilan file cepat di panel dengan: view perintah atau melihat penuh file info layar dengan Ctrl + g).
     Bagi mereka yang tidak pernah menggunakan Vim, Perintah yang umum adalah  cut dengan dd, paste dengan p, dan rename file dengan cw. Gerakan navigasi dasar adalah hjkl standar, dengan h dan l naik dan turun tree-direktori.
     Dalam file konfigurasi vifmrc Anda dapat mengatur perintah Anda sendiri dan menentukan aturan sederhana tentang jenis file dan program untuk membukanya.
    Untuk info lebih lanjut tentang menggunakan Vifm, setelah menginstal, ketik ": help"
    Jika anda ingin mencona Midnight Commnader, anda dapat mendownload nya di sini :
     Atau dapat mengetikkan perintah ini di Terminal :
sudo apt-get install vifm vim
  • Last File Manager (LFM)
     Last File Manager (LFM) (ditulis dengan bahasa Python) adalahfile manager konsol dengan pandangan 2 panel yang mudah digunakan. Kelebihan vfs adalah untuk file yang dikompresi (sehingga Anda dapat melihat arsip seperti folder (seperti MC, namun LFM tidak dapat membuka .deb dan .rpm), dialog dengan entry perintah, bookmark, history, file (berbeda warna menurut ekstensi) dan tab.
     Tentu saja, itu hanya sebagian fitur LFM dan Anda harus mencobanya untuk melihat berapa banyak fitr yang ada. Fitur lain yang saya suka seperti: integrasi langsung find / grep (dan tools lainnya) dan file quick view - pyview - dengan teks dan modus biner.
    Jika anda ingin mencona Midnight Commnader, anda dapat mendownload nya di sini :
    Atau dapat mengetikkan perintah ini di Terminal :
sudo apt-get install lfm