Cara Membuka Hasil Download di WIndows

OPEN SOURCE YANG ADA DI WINDOWS


  • OPENOFFICE

OpenOffice.org adalah seperangkat lunak perkantoran yang di dalamnya terdapat fungsi pengolah kata (word processing), pengolah lembar (spreadsheet), pembuatan gambar (drawing), pembuatan presentasi (presentation), pengolahan data, web editor, database, dan formula editing. Selain itu Open Office.org bisa dikatakan salah satu software OfficeSuite (wordprocessor, spreadsheet dan presentation) yang bersifat OpenSource sehingga bisa di download, diinstal, didistribusikan secara bebas tanpa harus membeli lisensi ratusan dolar. Sebagai salah satu alternatif pengganti Microsoft Office yang mungkin terlanjur mengakar pada kebanyakan pengguna komputer, OpenOffice secara kualitas setingkat dengan Ms Office. Jadi bagi kita yang sudah terbiasa menggunakan Ms Office akan cepat familiar dengan OpenOffice sebab menu dan fiturnya sangat mirip walaupun tidak 100% sama. Tidak hanya untuk para pengguna Linux saja, OpenOffice ini juga bisa diinstal di lingkungan Ms Windows.
Ada beberapa komponen dalam OpenOffice.org, yaitu :
  1. OpenOffice.org Writer
  2. OpenOffice.org Calc
  3. OpenOffice.org Impress
  4. OpenOffice.org Draw
  5. OpenOffice.org Math
  6. OpenOffice.org Base
Dalam makalah ini kami akan menguak tentang perbedaan antara OpenOffice writer dengan Ms Office Word. OpenOffice.org Writer adalah pengolah kata yang mirip dengan Ms Word, dengan fitur yang hampir sama. Beberapa fitur yang tersedia di OpenOffice.org Writer antara lain:
  1. Wizard yang mempermudah pembuatan dokumen-dokumen standar seperti surat, fax, agenda, atau mail merge. Kita juga bisa dapat membuat template sendiri sesuai kebutuhan kita.
  2. Styles and Formatting.
  3. AutoCorrect Dictionary yang dapat mengecek ejaan selama kita mengetik.
  4. AutoComplete dapat menyarankan kata-kata atau frase umum untuk melengkapi apa yang sedang kita ketik.
  5. AutoFormat menangani format tulisan selama kita mengetik, membebaskan kita untuk berkonsentrasi lebih pada pesan yang ingin kita sampaikan.
  6. Bingkai teks dan linking untuk menangani urusan desktop publishing seperti membuat buletin, flyer, dan lain-lain. 8
  7. Pembuatan daftar isi, indeks, referensi bibliografis, ilustrasi, tabel, dan daftar lainnya secara otomatis.
  8. Writer dapat berhubungan langsung dengan perangkat lunak email sehingga kita bisa langsung
  9. mengirim dokumen kita melalui email.
  10. Fasilitas ekspor HTML ke web atau mencetaknya dalam bentuk Portable Document Format (PDF).
  11. Penyimpanan dokumen dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen
  12. office. Format baru berbasis XML ini dapat diakses oleh perangkat lunak lain yang kompatibel terhadap format OpenDocument.
  13. Writer dapat membaca format dokumen Microsoft Office, dan menyimpan hasil kerja ke dalam format Microsoft Word
  • GIMP
GIMP adalah aplikasi komputer grafis berbasis OpenSource, dengan lisensi GPL. GIMPmenyediakan sarana fungsi yang mencukupi untuk pengolahan fotografi. GIMP singkatan dari GNU Image Manipulaion Program. GIMP adalah aplikasi yang cocok untuk menangani beberapa tugas seperti memperbaiki foto, mengubah dan membuat sebuah image.

Keuntungan dari GIMP adalah dapat ditemukan dibeberapa sumber seperti internet. Selain versi windows, GIMP juga tersedia dalam versi Linux dan MacOSX. GIMP merupakan Open Source Software yang dilindungi oleh lisensi GPL dimana user dapat secara bebas mengakses dan merubah source code dari program GIMP. Gimp memiliki banyak layanan dan kemampuan sebagai software pengolah gambar yang dimiliki oleh Adobe photoshop, diantaranya memiliki Tool Box yang kompleks, Full alpha Channel (transparency), Layer, Format file seperti JPEG- GIFPNG- XPM-TIFF-TGA-MPEG, dan lainnya. Selain itu Gimp dengan keunggulannya bisa dijalankan padas berbagai platform seperti GNU/Linux, Windows 95/98/nt4/2000, MacOSX, Open BSD, NetBSD, Solaris, SunOS, AIX, HP-UX, Digital Unix, OSF/1, IRIX, OS/2, dan BeOS. Gimp sebagai software pengolah gambar dapat melakukan Image Editing, dan juga melakukan Video Editing. Menggunakan GIMP Image Window Ada dua windows utama pada GIMP, yaitu Toolbox dan Image Windows. Salah satu windows yang terpenting didalam GIM adalah Image Windows.Windows ini menyediakan akses visual ke image yang sedang dimanupulasi. Beberapa perubahan pada image ditampilkan di windows ini.
  • OCTAVE
Octave merupakan softwere serupa dengan Matlab interactive dan bersifat open source. Hampir semua perintah dasar matlab interactive dapat dijalankan di dalam octave. Tetapi tetap ada beberapa perintah yang spesifik matlab yang tidak dikenali didalam octave.

  • R
R adalah bahasa dan lingkungan untuk komputasi statistik dan grafik. Ini adalah proyek GNU yang mirip dengan bahasa S dan lingkungan yang dikembangkan di Bell Laboratories (dahulu AT & T, sekarang Lucent Technologies) oleh John Chambers dan rekan. R dapat dianggap sebagai implementasi yang berbeda dari S. Ada beberapa perbedaan penting, namun banyak kode yang ditulis untuk S berjalan tidak berubah di bawah R.

R menyediakan berbagai statistik (model linier dan nonlinier, uji statistik klasik, analisis time-series, klasifikasi, clustering, …) dan teknik grafis, dan sangat extensible. Bahasa S seringkali merupakan kendaraan pilihan untuk penelitian dalam metodologi statistik, dan R menyediakan rute Open Source untuk berpartisipasi dalam kegiatan itu.

Salah satu kekuatan R adalah kemudahan yang dirancang dengan baik publikasi plot berkualitas dapat diproduksi, termasuk simbol matematika dan rumus jika diperlukan. Great perawatan telah mengambil alih default untuk pilihan desain kecil dalam grafis, namun pengguna tetap kontrol penuh.

R tersedia sebagai Free Software bawah syarat-syarat Free Software Foundation GNU General Public License dalam bentuk kode sumber. Ia menyusun dan berjalan pada berbagai platform UNIX dan sistem yang serupa (termasuk FreeBSD dan Linux), Windows dan MacOS.

Lingkungan R :
Istilah “lingkungan” Istilah ini dimaksudkan untuk menggambarkannya sebagai sebuah sistem sepenuhnya direncanakan dan koheren, daripada pertambahan tambahan alat yang sangat spesifik dan tidak fleksibel, seperti yang sering terjadi dengan perangkat lunak analisis data lain.R suite terintegrasi fasilitas perangkat lunak untuk manipulasi data, perhitungan dan tampilan grafis. Ini mencakup :
  1. Suatu penanganan yang efektif untuk menyimpan data dan fasilitas,
  2. Suite operator untuk perhitungan di array, dalam matriks khusus,
  3. Koleksi, besar, koheren terintegrasi alat perantara untuk analisis data,
  4. Fasilitas grafis untuk analisis data dan tampilan layar baik-on atau hardcopy, dan
  5. Sebuah bahasa pemrograman yang berkembang dengan baik, sederhana dan efektif yang mencakup conditional, loop, fungsi rekursif yang ditentukan pengguna dan input dan fasilitas output.
R, seperti S, dirancang di sekitar sebuah bahasa komputer yang benar, dan memungkinkan pengguna untuk menambahkan fungsionalitas tambahan dengan mendefinisikan fungsi baru. Banyak dari sistem itu sendiri ditulis dalam dialek R S, yang membuatnya mudah bagi pengguna untuk mengikuti pilihan algoritmik dibuat. Untuk tugas komputasi-intensif, C, C dan kode Fortran dapat dikaitkan dan disebut pada waktu dijalankan. Pengguna mahir dapat menulis kode C untuk memanipulasi obyek R langsung.

Banyak pengguna menganggap R sebagai sistem statistik. Kita lebih suka untuk memikirkan hal itu suatu lingkungan di mana teknik statistik diimplementasikan. R dapat diperpanjang (mudah) melalui paket. Ada sekitar delapan paket yang disertakan dengan distribusi R dan banyak lagi yang tersedia melalui keluarga CRAN situs internet yang mencakup rentang yang sangat luas statistik modern.

R memiliki format sendiri seperti dokumentasi LaTeX, yang digunakan untuk menyediakan dokumentasi yang komprehensif, baik on-line dalam beberapa format dan dalam bentuk hardcopy.

Komentar