Cara Membuka Hasil Download di WIndows

Mengatasi gagal install Windows disebabkan “does not contain required free space"

Tampaknya masalah ini mudah untuk diperbaiki, anda berusaha menginstall Windows tapi terdapat pesan error bahwa tidak ada ruang di harddisk yang cukup untuk instalasi Windows. Apa? Padahal harddisk anda masih kosong dan terdapat unallocated space yang besar.

Kasus yang saya alami adalah saat berusaha menginstall ulang Windows 8 ke dalam harddisk yang digunakan sebelumnya, tapi partisi harddisk telah diformat. Jadi bisa dikatakan ini proses instalasi Windows dari awal. Nah… setiap saat mengikuti wizard untuk menginstall Windows 8 ini saya terhenti di bagian memilih partisi tempat instalasi Windows. Pesan error yang muncul adalah :


Setup was unable to use existing partition because the system volume does not contain the required free space.

Jadi installer Windows tidak bisa menggunakan partisi yang telah anda pilih karena kapasitas harddisk yang tersedia kurang. Padahal anda sudah melihat sendiri bahwa kapasitas yang tersedia jelaslah lebih dari yang dibutuhkan, bahkan masing kosong semua dan bertipe unallocated space. Saya sudah mencoba mengulangi proses instalasi dari awal kembali sampai membuat partisi baru, dan semuanya gagal.



Setelah menggaruk – garuk kepala karena bingung apa penyebabnya Windows tidak bisa diinstall ke partisi yang jelas masih tersedia kapasitasnya, akhirnya saya putuskan untuk berjudi dengan menghapus partisi System Reserved dan… ternyata proses instalasi Windows 8 bisa dilanjutkan.

Karena penasaran saya mencoba mencari tahu apakah partisi System Reserved ini, dan ternyata Windows kadang akan berusaha menginstall ke partisi System Reserved ini walau anda telah menentukan partisi lainnya. Jelas gagal karena ukurannya cuma 100MB.

System Reserved ini digunakan oleh BitLocker di Windows, kalau anda hapus bisa membuat fitur ini tidak berfungsi. Tapi karena yang dilakukan sekarang adalah install ulang maka anda bisa dengan aman menghapusnya dan setup Windows akan otomatis membuatnya kembali. Jadi tidak akan ada masalah walau partisi System Reserved dihapus.

Komentar